Rabu, 16 Mei 2012

Dianjurkan memperbanyak sholawat pada hari jumat

Assalamua’laikum wr.wb.
Pada hari Jumat disunahkan untuk memperbanyakkan shalawat kepada Nabi. Berapakah jumlah shalawat yang perlu dibaca pada hari Jumat?
Jawaban:
Anjuran Memperbanyak Shalawat di Hari Jumat Benar, Dalil tentang hal ini adalah hadist dari sahabat Aus bin Aus radhiallallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat, karena itu perbanyaklah membaca shalawat untukku. Sesuhngguhnya shalawat kalian ditampakkan kepadaku.”

Sahabat bertanya, Bagaimana shalawat kami bisa ditampakkan kepada Anda, sementara Anda sudah menjadi tanah (di kubur)?
Beliau menjawab,“Sesungguhnya Allah Ta’ala mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi shallallahu ‘alaihim wa sallam.”(HR. Abu Daud, Nasa’i, Ibn Majah, dan dinyatakan shahih Syaikh Al-Albani)

Jika kita amati, hadist di atas hanya menunjukkan anjuran memperbanyak shalawat di hari Jumat. Mengenai bilangannya, bacaannya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menyebutkan dalam hadis tersbut. Dengan demikian, kita amalkan sebagaimana teksnya:

a. Perbanyak shalawat di hari Jumat tanpa bilangan maksimal, semakin banyak semakin besar pahalanya
b. Bacaan shalawat sebagaimana shalawat pada umumnya, seperti lafadz: "Allohumma sholli a'la syayyidina Muhammad wa 'ala ali syayidina Muhammad".
c. Tidak perlu ada acara khusus untuk memperbanyak shalawat di hari Jumat.
Allahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar